Kamis, 12 November 2015

Ana Madinatul Ilmi wa ‘Aliy Babuha (Aku Adalah Kotanya Ilmu & Ali Adalah Pintu Gerbangnya)

64072_10200978020231804_1978148956_n
MENYADARI akan kedudukannya dalam pandangan Rasulullah shallallahu ’alayhi wasallam baik sebagai ayah mertua maupun sebagai saudara misan yang mengasuhnya semenjak masih kanak-kanak, terkadang Ali bin Abi Thalib tak segan-segan menanyakan segala sesuatu kepada Rasulullah shallallahu’alayhi wa sallam, termasuk urusan-urusan yang menjadi wilayah pribadi beliau.

Karena seringnya Ali bin Abi Thalib mengajukan pertanyaan, Rasulullah pernah mengibaratkan beliau sendiri sebagai Kotanya Ilmu dan Ali merupakan Pintu Gerbangnya. Hal apa saja akan ditanyakan Ali kepada Rasulullah shallallhu’alayhi wasallam, jika ada sesuatu yang mengganjal pikirannya. Termasuk hal-hal yang dirasa ganjil atau permasalahan yang belum ia ketahui. Apalagi ia menyadari bahwa ia telah memperoleh kedudukan yang begitu terhormat di sisi Rasulullah shallallahu’alayhi wasallam, maka semakin bertambah keberaniannya untuk sering bertanya kepada Rasulullah tentang segala hal, termasuk urusan pribadi.
Suatu ketika Ali bin Abi Talib bertanya kepada Rasulullah tentang siapa yang lebih dicintai Rasulullah, apakah putri beliau Fathimah Azzahra atau dirinya suami Fathimah? Saat mendapatkan pertanyaan seperti itu, Rasulullah shallallahu’alayhi wa sallam tersenyum, lalu beliau menjawab dengan bijaksana: “Fathimah lebih aku cintai daripada engkau, sedangkan engkau lebih mulia dan lebih aku hargai daripada Fathimah”
Itulah jawaban beliau yang mengandung kecerdasan dan unsur humor, dengan begitu beliau bisa menyenangkan hati anak paman beliau yang begitu disayangi. Sedangkan pada waktu yang bersamaan, beliau juga menjelaskan cinta dan kasihsayang beliau kepada putri yang selalu menjadi belahan hati beliau. Rasulullah memberi perbandingan antara Ali Karamallahu wajhah dan Fathimah Azzahra dengan cerdik.

Post By Santosa Uyee

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Santosa Uyee Visit Original Post Putra ka'bah